Live streaming

Selasa, 20 Juli 2010

KERJA DAN MAKAN BERSAMA

Katak adalah binatang pemangsa serangga.Dengan cara melompat-lompat, katak akan berusaha menangkap mangsanya. Tetapi, sesuai dengan kemampuannya, katak hanya bisa menangkap serangga setinggi lompatannya saja.Alkisah, disebuah kubangan air bekas hujan, berkumpullah banyak katak. Mereka kelaparan karena sudah beberapa jam tidak ada serangga yang bisa dimangsa. Ketika seekor katak melihat ada beberapa ekor nyamuk yang terjebak di tembok berlumut yang ada di pinggiran kubangan air tersebut, ia memberitahukan kepada teman-temannya. Sayangnya,posisi nyamuk-nyamuk tersebut tidak bisa dijangkau hanya dengan lompatan. Maka diadakanlah rapat para katak untuk membahas strategi mendapatkan mangsanya. Satu keputusan yang cukup bijak berhasil diambil, yaitu kerja sama. Masing-masing katak merelakan punggungnya untuk dijadikan tangga secara rapi hingga mencapai ketinggian dimana nyamuk-nyamuk tersebut berada.

Karena tinggi, maka diperlukan kesediaan dari puluhan katak. Dan, terbentuklah susunan katak hingga berhasil menjangkau ketinggian yang cukup untuk menangkap mangsanya. Sudah pasti katak yang berada di tempat paling ataslah yang bisa menangkap nyamuk tersebut. Dan, dia juga yang menyantap nyamuk-nyamuk itu.Setelah selesai menyantap, katak tersebut langsung berteriak memberikan laporan tentang keberhasilan menangkap dan menyantap nyamuk buruan mereka. Katak-katak yang lain hanya terdiam dalam keadaan perut yang masih kosong. Itulah kerja sama yang mereka bisa lakukan, tidak pernah bisa membagi hasil pekerjaan bersama secara adil dan merata ke seluruh katak yang ikut ambil bagian dalam perjuangan mereka.

Cara kerja sama seperti kisah katak tersebut tentu harus kita jauhi. Di keluarga, dibutuhkan kerja sama ayah, ibu dan anak. Masing-masing bisa menikmati uang hasil kerja keras ayah; ayah dan anak menikmati kenyamanan dan kebersihan rumah karena anaknya berhasil. Di gereja, jemaat diberkati oleh karena pelayanan yang dilakukan hamba Tuhan; hamba Tuhan bisa menikmati berkat Tuhan melalui persembahan jemaat; hamba Tuhan dan jemaat bersukacita karena pertumbuhan yang terjadi. Demikian juga di organisasi lain, kerja sama yang hasilnya bisa dinikmati bersama harus diupayakan.

Untuk bisa terjadi seperti itu,maka masing-masing anggota harus menerapkan firman Tuhan yang berbunyi, “Karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir,dalam satu kasih, satu jiwa,satu tujuan, dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga” (Filipi 2:2-4)

Doa
Di dalam nama Yesus aku mohon kepada Bapa supaya aku mampu mengatasi keinginan untuk memperhatikan kepentinganku sendiri dan mengabaikan orang lain. Amin

Kata-kata bijak
Di dalam kerja sama yang benar, setiap anggota akan merasakan hasilnya, buruk ataupun baik.

Tuhan Yesus memberkati Anda.

Job Lie

0 komentar:

Posting Komentar